Nokia Lumia 520 adalah smartphone ber-os windows phone 8 yang saat ini paling banyak pemakainya di dunia.

Image

Beberapa tahun lalu nokia mendominasi pasar ponsel global, namun 3 tahun belakangan ini nokia diungguli oleh iphone dan android. Ditahun 2013 nokia dengan siapnya masuk kembali kepasar ponsel global dengan menggeluarkan lumia yang ber-os windows phone 8.

Image

Tampilan home

tampilan yang serupa windows 8 dengan Metro UI membuat lumia terkesan berbeda dari iphone dan android.

Paket penjualan

  • Nokia lumia 520
  • Nokia charging dan data cable
  • Nokia USB charger
  • Nokia headset
  • Buku manual dan garansi

Image

The best budget smartphone 2013

Dalam pemilihan smartphone champions league oleh Gsmarena.com lumia 520 berhasil mengalahkan sony experia M yang merupakan pesainnya dirange harga 1,5-2,5juta. Akan tetapi setelah mengalahkan xperia M maka lumia 520 lanjut ketahap selanjutnya yang harus melawan Htc one. Namun berhasil dikalahkan juga oleh lumia 520 yang berhasil menduduki posisi ke-3 sebagai jajaran best smartphone 2013 menurut konsumen dari hasil voting yang telah diselenggarakan oleh Gsmarena.com

Image

Desain

Kesan pertama menggenggam lumia 520 ini adalah wow…. Dengan ukuran layar 4.0 inch dengan IPS sebagai layarnya menyajikan tampilan yang bening seperti iphone yang juga berlayar IPS. build quality yang sangat bagus dibalut casing berbahan polycarbonate membuat tampilannya terkesan mewah tak murahan seperti smartphone buatan negri tirai bambu yang memakai casing pelastik. Dibagian depan ada lubang earpiece dan tiga tombol kapasitif untuk back, start, search. Di sisi kanan ponsel terdapat tombol pengaturan volume, lock/power, kamera. Sedangkan di sisi bawah terdapat lubang microUSB dan di sisi atas terdapat lubang jack audio 3.5 selebihnya ada kamera utama di bagian belakang.

Hardware

Ponsel yang diprosesori oleh dual-core 1GHz dengan qualcomm snapdragon sebagai chipset dan GPU adreno 305. Ram 512mb dan memori internal 8 GB yang bisa ditambah dengan microsd up to 64 GB. Mendukung hsdpa+ dengan slot micro sim gsm, bluetooth v4.0, wifi, GPS, battery Li-ion 1430 mAh.

Multimedia

Disektor ini nokia lumia 520 jelas bisa diandalkan dalam urusan musik dan video. Dikarenakan bisa memuat banyak format musik seperti mp3 bahkan saat saya coba masukkan koleksi album itunes dengan cara copy paste lewat PC tetap terbaca di lumia 520.

Image

 
Nokia MixRadio merupakan aplikasi unggulan yang bisa membuat pengguna mendengarkan lebih dari 18.000 lagu dalam aplikasi tersebut.
Image
Kita dapat mendengarkan musik lewat streaming atau offline di nokia mixradio. Banyak sekali jajaran chart dari berbagai negara sampai asia atau juga kategori jenis lagu. Dalam mixradio kita bisa memuat 4 konten track musik untuk diofflinekan kalau kita memakai secara gratis.
Image
Untuk urusan kualitas audio yang dihasilkan tidak perlu kecawa karena saat saya mencoba memainkan track andien – lembaran baru dengan earbuds sennheiser mx760 suara andien terdengar merdu dan pemisahan antar instrumen tetap jelas terasa. Mendukung juga untuk memutar video berformat mp4 dan 3gp.
Image

 

Performa OS dan User interface

Lumia 520 ber-os windows phone 8 yang bisa sudah diupdate sampe versi amber. Os yang pernah saya coba selama ini sudah banyak akan tetapi menurut saya lumia punya keunikan sendiri dengan tidak adanya tampilan khas menu ponsel lainnya yang menjadikan lumia punya nilal plus. Banyak orang yang tidak suka dengan lumia dikarenakan tampilannya yang simpe, padahal menurut saya itu merupakan nilai plus nya. Bayangkan saja di wp anda bisa menaruh shortcut aplikasi dihome dan tidak mengakibatkan berat os tersebut.

Image

Tampilan lockscreen

Image

Tampilan start/home

Image

Tampilan menu

Image

 

Image

Tampilan menu game xbox

Image

Tampilan windows phone store

Kamera

Sektor fotografi menjadi andalan nokia lumia 520 yang berbekal kamera utama 5 MP, hasil jepretannya menjadikan lumia 520 sebagai ponsel kamera terbaik dirange harga 2jutaan. Hal pendukung seperti aplikasi nokia camera yang sangat menakjubkan orang-orang saat memakainya. Ada banyak setingan didalamnya yang bisa disetting manual sehinggal menghasilkan gambar dslr look.

Image
Hasil nokia kamera dengan modus macro menjadikan objek lalat terlihat jelas sedangkan background ngeblur terlihat seperti memakai dslr.
Image
Mode auto tetap tertangkap jelas objeknya yang sangat bersih dan terang.

Perekam video

Lumia 520 mampu merekam video sampai HD 720P yang membuatnya menjadi bagus walau dilihat hasilnya di pc.

Kesimpulan

Dengan harga 1,8juta pada saat petama keluar dan sekarang di januari 2014 harga promo 1,5juta menjadikan nokia lumia 520 sebagai the best budget smartphone. Dikarenakan sektor multimedia sampai kamera dengan hasil memuaskan bahkan tak bisa dirasakan saat memakai product merk lain dengan kisaran harga yang sama.

Kelebihan

  • Build quality yang sangat bagus.
  • Layar 4 inch IPS.
  • Kamera super dengan harga murah dikelasnya.
  • OS yang berbayar sehingga akan tetap didukung updatenya.
  • Fitur Nokia MixRadio yang mantapppp.
  • Bisa potong pulsa saat membeli aplikasi dan game di store.

Kelemahan

  • Baterai yang kapasitasnya terlalu kecil.
  • Masih belum ada aplikasi Path dan BBM.