Image

 

multimedia tidak sekedar video yang berisi suara akan tetapi banyak sekali software yang bisa memproses konten multimedia dalam segala bidang. dalam aplikasi sekarang ini banyak sekali yang memasukkan unsur multimedia dari suara, gambar, serta animasi. itu semua dilakukan agar dapat membuat pengguna menjadi tidak mudah jenuh dengan tampilan yang menaring akan membuat pengguna menjadi lebih nyaman menggunakannya.

ada banyak software pengolah gambar, musik, dan video sekarang ini, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa software pengolah konten multimedia yang lebih sepesifik sesuai kegunaannya.

1. adobe flash cs6

adalah software yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah animasi flash atau gambar yang bisa bergerak. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat membuat video, serta permainan yang berbentuk flash dengan software Adobe Flash Professional ini. Pada versi terbaru ini, yaitu Adobe Flash Professional CS6, sudah disediakan beberapa template flash di dalamnya, jadi apabila sobat masih awam dengan software ini, sobat dapat menggunakan template tersebut.

2. 3DS max
adalah program untuk modeling, rendering, dan animasi yang memungkinkan Anda untuk mempresentasikan desain Anda, seperti desain interior, arsitektur, dan iklan, secara realistik dan atraktif. Kelengkapan fitur, sistem parametrik pada objek, serta sistem keyframer pada animasi, telah menempatkan 3DS Max menjadi program animasi yang mudah dan populer dibandingkan program aplikasi sejenis.

3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic.

3. adobe primere

Adobe premiere adalah salah satu software yang sering digunakan dalam pengeditan video. Ada kesamaan interface Adobe Premiere dengan Adobe Photoshop dan Adobe After Effect adalah memberikan kemudahan dalam pemakaiannya. Gambar-gambar dapat disiapkan melalui Adobe Photoshop dan effect-effect dapat disiapkan melalui Adobe After Effect.
 
4. sony vegas
sebuah software khusus untuk video dan audio editing. Saat ini Sony Vegas Pro bukan menjadi tandingan Adobe Premire, sementara Sony Vegas Pro memang belum sepopuler Adobe Premire yang didukung begitu banyak plug-in. Selain itu, Sony Vegas Movie Studio juga merupakan program video editing yang powerful dan membuat DVD yang berkualitas yang mana selalu diberikan oleh Sony untuk banyak produk.
5. swish max
Swish Max, adalah program aplikasi lengkap untuk pembuatan animasi berbasis flash player (sebuah program aplikasi pengoperasi suatu animasi sederhana, permainan digital dan berbagai perangkat yang menggunakan multimedia) (SWiSHzone.com Pty. Ltd, 2007).
 
Swish Max digunakan untuk membuat beragam animasi yang menarik dan penuh kreasi tanpa menggunakan program aplikasi Adobe Flash (generasi ke-sembilan dari macromedia flash yang merupakan program aplikasi perintis penghasil aplikasi berbasis flash).
 
sumber: