Image

 

ada banyak cara menempuh rome tapi cara termudah adalah mengetahui cara orang lain menempuhnya. nah dikesempatan kali ini saya akan menjelaskan atau mengasih cara gampang membuat aplikasi di android dengan unsur multimedia sehingga pengguna akan nyaman dengan UI tersebut.

cara pertama yang harus anda ketahui ialah software apa yang akan kita gunakan. mungkin banyak orang mengira kalau mau membuat aplikasi android pakai software eclipse hehehe…. mirip judul sambungan film twilight yaaa. yup itu jawaban yang betul akan tetapi disini saya mah cari cara gampang segampang – gampangnya heheh. caranya itu dengan memakai adobe flash cs6, pasti anda pada bingung yaiyalah dosen ane aja bingung katanya mang bisa yah hehhehe sampe terkagumnya dosen – dosen tersebut memberi ane nilai A pada pebulisan ilmiah yang saya buat.

caranya:

1. instal adobe flash cs6 terlebih dahulu, banyak kok di server indowebser coba seh cari disitu.

2. setelah menjalankannya anda pilih yang air for android.

3. lalu pilih tamplates 800 x 400 bla Sesudah  itu klik ok, maka akan muncul tampilan dokumen baru.

4. Pilih file > import > import to stage untuk memasukkan gambar.

5. untuk membuat gambar menjadi bergerak, masukkan gambar atau tulisan yang ingin dianimasikan pada stage. Klik kanan pada gambar lalu pilih create motion tween maka akan secara otomatis ada layer baru untuk mengatur posisi objek Diframe 50 putar objek agar saat dimainkan objek akan berputar sendirinya.

6. untuk membuat tombol Klik kanan pada text atau gambar yang sudah dimasukkan ke stage. Pilih convert to symbol. isikan name sesuai nama tombol dan pilih type button. Pada panel properties isikan instance name sama dengan name yang tadi diisikan.

7. untuk menulis actionscript Piih layer background dan frame yang ingin diberikan perintah stop. Klik kanan lalu pilih actions. Klik code snippets lalu klik dua kali.

8.untuk membuat efek suara buat layer baru dan rename menjadi sound. Pilih file > import > import to stage > pilih sound > ok. Pada panel properties ubah effect menjadi none, sync menjadi start, dan pilih loop.

itulah sekilas cara membuat aplikasi android menggunakan adobe flash cs6 yang tidak bisa ditemukan bukunya di toko buku besar sekalipun.

sumber:

penulisan ilmiah sang penulis