Image

Setelah lama menanti harapan yang pupus kini bisa mekar kembali, mungkin itu perumpamaan untuk para alayners penanti BBM hadir di android. Pada 22 oktober 2013 BBM resmi hadir di Play Store android dan siap memanjakan anda para penggemar blackberry yang sudah sudah tadak kuat dengan memakai blackberry.

Selain itu untuk mengunduh aplikasi BBM ini bisa dengan membuka alamat bbm.com dari perangkat Android. Setelah itu arahkan ke Play Store untuk mengunduhnya. Cara ini relatif lebih aman karena berasal dari alamat yang resmi. Pengguna juga bisa mengunduh di Play Store dengan alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bbm Setelah itu, pengguna bisa menginstallnya. Jika sudah mempunyai BB ID, maka pendaftaran akan lebih mudah karena Anda tinggal mengisinya. Aplikasi di BBM pun berjalan dengan lancar.

Ketika dicoba dengan menggunakan BB ID yang sebelumnya didaftarkan melalui perangkat BlackBerry maka seluruh “Kontak” maupun “Group” otomotis terimpor di perangkat Android. Namun PIN BBM di perangkat Android berbeda dengan di perangkat BB. Selain itu, setelah BBM di Android bisa beroperasi, BBM di perangkat BB kita menjadi tidak bisa dioperasikan.

Untuk mengetahui PIN BBM di Android, maka tap (sentuh) saja profil kita maka akan terlihat PIN BBM. Sementara yang belum mempunyai BB ID atau ingin membuat BB ID baru maka Anda bisa membuatnya dari aplikasi BBM untuk Android tersebut. Sebelumnya pihak BB juga mengumumkan bahwa BBM untuk iPhone juga akan segera bisa diunduh.

Semula BBM untuk Android dan iPhone akan diluncurkan pada 21 September 2013, namun ditunda karena pada saat itu banyak aplikasi tidak resmi yang diunduh pengguna Android. Akibatnya sistem BlackBerry menjadi bermasalah.

Kelebihan Aplikasi BBM di Android & iOS

Tidak bisa dipungkiri, BBM masih merupakan aplikasi chat terpopuler dengan pengguna terbanyak saat ini. Bahkan sebagian besar pengguna smartphone Blackberry mengaku, fitur BBM adalah tujuan utama mereka menggunakan ponsel tersebut. Kehadiran, Aplikasi BBM di Android & iOS jelas merupakan kabar baik bagi mereka yang tidak memiliki Blackberry, sehingga mereka tidak lagi harus memiliki 2 smartphone sekaligus.

 

Keuntungan lainnya, pemilik smartphone dapat menghemat biaya pengeluaran untuk berlangganan paket yang sedianya harus mereka keluarkan untuk Android/iOS dan Blackberry setiap bulannya.

Kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS

Membahas kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS, setidaknya kami merangkum ada 6 kelemahan dan kekurangan  Aplikasi BBM di Android & iOS. (Untuk kekurangan lainnya yang kami temukan, akan kami tambahkan berikutnya). Apa saja kah itu?

 

Fitur Pengaturan Profil Picture (gambar PP) – Gambar PP menampilkan foto pemilik BB. Kita dapat mengganti foto profil dengan bebas, membesar-mengecilkan foto, memutar, dsb, sebelum kita merasa pas untuk menyimpannya sebagai foto PP. Namun sayangnya, fitur pengaturan gambar PP pada Aplikasi BBM di Android & iOS tidak menyediakan fitur untuk membesar-mengecilkan foto secara keseluruhan, sehingga foto yang berbentuk memanjang (landscape maupun portrait) tidak bisa ditampilkan secara utuh. Ada bagian yang harus terpotong (crop).

 

Fitur Auto-Text – Auto Text adalah kumpulan ikon, simbol, maupun teks unik, baik satuan maupun  susunan yang membentuk pesan secara simbolik yang unik. Pada platform Blackberry, kita dapat menyimpan koleksi autotext ini dan menggunakannya sewaktu-waktu dengan hanya mengetikkan kata-kata pengganti. Kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS lagi-lagi tidak mendukung adanya fitur Auto text ini.

 

Fitur Back-Up –  Untuk melakukan back-up contact, dapat dilakukan melalui menu settings. Namun opsi ini tak tersedia pada Aplikasi BBM di Android & iOS.

 

ID Account – Pada saat pertama kali menginstal aplikasi BBM di Android & iOS, kita akan menemukan  2 opsi, yaitu: Membuat account baru atau Sign-In dengan account lama. Pengguna bisa saja memilih opsi yang kedua, yaitu menggunakan ID yang sudah ada. Hal ini memang sangat praktis, karena akan mengimpor secara otomatis semua kontak yang anda miliki pada Blackberry anda. Tetapi, hal tersebut dapat menyebabkan aplikasi BBM pada Blackberry lama anda menjadi tak bisa digunakan (error). 

 

Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS apabila anda memutuskan untuk tak ingin lagi menggunakan Blackberry lama dengan maksud ingin menggunakan BBM Android / iOS saja, maka proses pemindahan kontak (re-invite contact) adalah hal yang cukup merepotkan, terlebih bagi mereka yang jumlah kontaknya telah mencapai ratusan bahkan ribuan.

 

Fitur Berbagi PIN – Tidak tersedianya fitur untuk mengirim PIN merupakan salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS, sehingga bagi pengguna yang ingin berbagi atau memberi PIN kepada orang lain, harus melakukannya secara manual (copy-paste).

 

Membuat Kategori Kontak – Bagi pengguna yang memiliki banyak kontak, tentunya seringkali memilah kontak dipisahkan berdasarkan kategori. Misalnya: ‘Teman Kuliah’ ,’Teman Kerja’, ‘Keluarga’ ,dsb. Hal tersebut sangat membantu pengguna untuk menemukan kontak secara cepat. Tidak tersedianya opsi tersebut merupakan salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android & iOS.

 

Beberapa kekurangan tersebut memang dapat dimaklumi mengingat keberadaan aplikasi BBM di Android & iOS masih sangat baru. Umumnya, berbagai penyempurnaan akan ditambahkan sedikit demi sedikit mengikuti versi berikutnya, seperti halnya aplikasi lainnya.

 

 

 

Sumber:

http://www.antaranews.com/berita/401472/bbm-untuk-android-sudah-tersedia-di-google-play

http://dinda-dimas.blogspot.com/2013/10/kelebihan-kekurangan-aplikasi-bbm-di.html