Apakah kalian pernah mendengar istilah mobile broadband, pasti sudah kan? Betul istilah ini sering berkaitan dengan operator seluler. Mungkin hampir semua operator yang berbisnis di pasar jaringan telekomunikasi ini sudah mobile broadband. Lalu apa dong mobile broadband itu? Mari saya akan menjelaskannya.

Broadband Wireless Access atau Akses Pita Lebar berbasis Nirkabel merupakan teknologi akses yang dapat menawarkan akses data/internet berkecepatan tinggi dan berkemampuan menyediakan layanan kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan media nirkabel. Kok ga ada mobilenya?  Karena sebetulnya sama saja antara Broadband Wireless Access dengan mobile broadband.

Perbedaan antara Broadband Wireless dan Mobile Broadband ?

Baik broadband mobile dan wireless menawarkan akses internet kecepatan tinggi kepada pengguna. Perbedaan antara broadband wireless dan broadband mobile adalah di mana (tempat) Anda dapat mengakses internet. Broadband wireless hanya membutuhkan air interface untuk menyediakan akses internet kecepatan tinggi untuk lokasi tertentu, dan tidak mempertimbangkan kemampuan pengguna untuk bergerak ketika memiliki konektivitas broadband. Sehingga fleksibilitas untuk bergerak dengan broadband wireless adalah terbatas. Contohnya bila Anda menggunakan WiFi dan teknologi WiMax.

Sebaliknya mobile broadband memungkinkan pengguna untuk mengakses internet saat bepergian, atau dari lokasi yang berbeda seperti dari rumah, kantor, dan lainnya. Mobilitas atau kemampuan untuk mengakses internet kecepatan tinggi dari lokasi yang berbeda disebabkan kemampuan teknologinya (misalnya 3G dan 4G), atau karena peraturan yang diberlakukan oleh regulator (misalnya DSL).

Dapat disimpulkan, broadband wireless dan mobile broadband merupakan metode cepat untuk akses internet. Broadband wireless memungkinkan akses internet tanpa kabel, sementara mobile broadband memungkinkan akses internet dari lokasi yang berbeda tanpa pembatasan. Dalam hal mobilitas, metode broadband wireless access menjadi lebih unggul karena tidak diperlukannya konektivitas kabel.

Apakah tv kabel (tv berbayar) memakai mobile broadband ?

TV Kabel juga termasuk broadband karena ia membawa banyak saluran TV dalam satu kabel. Teknologi yang tergolong dalam jenis ini diantaranya adalah sinyal televisi, televisi kabel, satelit, SONET, dlsb. istilah ini juga dikenal dengan Wideband channel.

 

 

 

Referensi:

http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=4447

http://netyoz.heck.in/pengertian-broadband.xhtml