Image

 

Nokia sebagai produsen handphone pertama di dunia membuatnya banyak dikagumi berbagai kalangan. Menghadirkan teknologi terdepan membuat nokia berkembang pesat hingga menduduki peringkat teratas dalam penjualan handphone dipasaran. Namun sekarang ini Tak bisa disangka nokia dalam beberapa tahun terakhir menjadi merosot penjualannya, menjadika nokia harus mem-PHK 10 ribu karyawannya di berbagai belahan dunia.

Banyak beberapa alasan yang membuat nokia menjadi hampir bangkrut salah satunya karena tak melihat perkembangan pasar yang mengakibatkan handphone buatan nokia kalah dalam persaingan smartphone. Nokia tak mengembangkan os besutanya yaitu symbian yang mengakibatkan kalah dengan os android yang lebih banyak aplikasi.

Tak dipungkiri kesuksesan android bersama samsung sekarang ini yang menempatkan samsung menggeser posisi kejayaan nokia menjadikannya produsen nomer satu sekarang ini. Namun dibalik keterpurukannya, nokia bangkit bersama Stepen Elope sebagai CEO baru, yang mengambil keputusan tak menggunakan android sebagai sistem operasi handphone terbaru nokia. Melainkan OS Windowa Phone 8 yang digadang-gadang dapat mengalahkan kecanggihan android, akan tetapi itu semua belum terlihat dari segelintir kekurangan dukungan developer terkemuka. Yang mengakibatkan windows phone 8 aplikasi terkenal.

Berbagai masalah tak kunjung surut dikarenakan microsoft selaku pembuat windows phone tak mendukung perkembangan os buatannya. Tidak seperti google yang serius mengembangkan android hingga posisi sekarang ini, yang membuat android menjadi os yang paling diminati. Masalah kekurangan aplikasi mulai dikembangkan sendiri oleh nokia yang menggaet developer terkenal untuk menghadirkan aplikasi buatan mereka berjalan di os windows phone.

Tahun 2013 merupakan titik terang untuk nokia menarik perhatian dunia dengan mengeluarkan handphone windows phone 8 murah. Lumia 520 merupakan jajaran smartphone middle end yang paling canggih saat ini dengan harga termurah dipasaran. Walaupun tak mensematkan android sebagai os bawaan menjadika lumia 520 sukses dipasaran.

Sepertinya lumia 520 akan menjadi handphone yang sukses dipasar indonesia, dengan harga yang mudah dan kemampuan tak ada saingannya diharga 1,8 juta rupian. Membuat lumia 520 menjadi handphone yang selalu membuat konsumen bingung antara membeli android atau lumia 520. Mungkin dengan mengeluarkan smartphone murah nokia akan kembali mengambil tahta kejayaannya yang direnggut samsung.