Image

 

Blackberry adalah handphone yang memiliki kemampuan terdepan dibidang messeger. Lewat aplikasi khusus yang hanya bisa dijalankan diatas sistem operasi blackberry os, menjadika BlackBerry Messenger (BBM) menjadi begitu eksklusif. Dimana kemampuannya mengolah pesan elektronik masa depan begitu cangih hingga membuat dunia telekomunikasi berubah menjadi lebih berkembang tak sekedar telepon dan sms saja. Beberapa fitur yang membuat dunia berubah ialah fitur kirim dan terima pesan secara cepat yang membuat perkembangan teknologi berubah.

siapa yang tak tau handphone jenis ini, sampai ibu rumah tangga saja tau yang hobinya nonton sinetron. Ya blackberry bukan sembarang handphone abal-abal yang sama seperti merk lain, karena blackberry punya layanan blackberry messager. Sebuah aplikasi kirim pesan yang tercanggih sampai detik ini dikarenakan beberapa sebab salah satunya pin. Yaitu sebuah code yang unik sehingga tergabung dari huruf dan angka yang membuat tiap handphone blackberry berbeda dari merk handphone dipasaran.

Apa jadinya jika rekan ada meminta pin ada tetapi anda tidak memakai blackberry, mungkin kejadian ini bisa saja membuat anda menjawab “saya tidak memakai blackberry hubungi lewat nomer handphone saja”.  Tapi jawaban anda terkesan anda tak mampu membeli blackberry tapi dengan perkembangan zaman yang cepat sekarang anda bila menjawab “ saya tidak memakai BBM bisa menghubungi saya lewat Whatsapp atau line”. Mungkin itu jawaban yang bisa membuat anda tidak perlu malu pasalnya aplikasi whatsapp dan line biasanya berjalan di os android yang merupakan golongan smartphone kelas atas.

Mungkin perkembangan teknologi handphone berubah dengan sangat cepat sehingga melahirkan os android yang merupakan varian dari os linux. Android bisa disebut os handphone sejuta umat dikarenakan handpone os android sudah bisa dibeli dengan harga dibawah satu juta rupiah. Yang membuat  unggul android itu dari sisi aplikasi yang beragam sehingga menjadi populer sekarang ini. Kejayaan android tidak lepas dari dukungan google yang biasa kita kenal dengan mesin pencarian elektroniknya.

Android sangat berkembang pesat mengalahkan blackberry yang tak berkembang dalam menghadirkan aplikasi baru sehingga blackberry membuat pengguna bosan memakainya. Bayangkan saja jika anda membeli android bisa menjalankan aplikasi tak hanya messeger yang canggih seperti whatsapp melainkan dukungan game dan banyak lagi aplikasi yang canggih. Karena alasan itulah blackberry terperosok di tahun 2013 menjadikan perusahaan merugi diakibatkan tak berkembangnya os besutannya.