Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

 

Pembagian komputer menurut jenisnya bisa kita lakukan berdasarkan :
• Cara kerja
• Kegunaan
• Kapasitas kerja dan memori

BERDASARKAN CARA KERJA
Berdasarkan cara kerja, komputer bisa kita bagi atas 3 jenis yaitu : komputer analog,digital dan hybrid.

KOMPUTER ANALOG
Komputer analog bisa kita artikan dengan sama, setara atau Equivalen. Jadi komputer anlog adalah komputer yang beroprasi secara pararel atau sama dengan besaran fisik atau angka angka yang di terimanya. jadi komputer analog sangat sesuai sekali digunakan untuk mengukur data kualitatif seperti tempratur tinggi nada suara,tegangan listrik dan lain-lain.
Sebagai contoh : penggunaan komputer pada alat volt meter ,jam listrik,barometer dan lain-lain
KOMPUTER DIGITAL
Komputer digital adalah komputer yang beroprasi atau bekerja dengan angka angka atau tanda-tanda lain seperti huruf, tanda baca dan karakter khusus lainnya yang dalam oprasinya di identifikasikan sebagai angka. Komputer digital mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulai data. Maka komputer digital ini sering di gunakan orang untuk aplikasi-aplikasi bisnis, dan lain-lain aplikasi yang mengolah data kuantitatif.
KOMPUTER HYBRID
Komputer ini adalah gabungan dari kedua jenis komputer tersebut d atas, ia bekerja atau beroprasi dengan angka atau besaran fisik yang diterimanya berdsarkan kerja dan memori dapa kita golonhkan koputer atas, mokrokomputer, minikomputer, medimum-scale computer, large-scale dan super komputer.
Cara pembagian komputer tidak selalu demikian. Ada ynag membagi atas 3 kelas,yaitu mikrokomputer,minikomputer dan mainframe.
Dilihat dari fleksibelitas penggunannya,komputer dapat dogolongkan atas komputer serba guna (general purpose), dan komputer untuk penggunaan khusus ( special ppurpose).

 

KOMPUTER BERDASARKAN KEGUNAAN

1. Special Purpose Computer

. Komputer yang dirancang untuk kebutuhan khusus
. Program tertentu sudah tersimpan di dalam komputernya
. Dapat berupa komputer analog maupun digital
. Umumnya adalah komputer analog

2. General Purpose Computer

. Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah
. Dapat berupa komputer analog maupun digital
. Umumnya adalah komputer digital

 

 

 

 

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

http://febry-ebot.blogspot.com/2010/03/jenis-komputer.html

http://proudtobeac.blogspot.com/2009/01/jenis-jenis-komputer-berdasarkan.html