Internet terdiri dari berjuta-juta halaman, dan setiap halaman disebut dengan Page (halaman) atau Web Page (halaman web). Web Page biasanya disingkat dengan Web saja. Sedangkan halaman yang pertama kali muncul ketika anda membuka browser misalnya : Internet Explorer,Mozilla Firefox dan Google Chrome disebut Home Page.
Keseluruhan isi web yang dimiliki oleh seseorang atau lembaga tertentu disebut dengan Web Site (Situs web). Web site bisa diibaratkan sebagai sebuah buku yang terdiri dari halaman-halaman tertentu, termasuk cover, daftar isi, dan sebagainya.
Konsep Pengalamatan Web di Internet
Domain  name  adalah  sebuah  sistem  penamaan  alamat  internet, misalnya: http://www.example.com.
Domain name terdiri atas sebuah struktur hierarkis, di mana level tertinggi disebut sebagai Top-Level Domains (TLDs), misalnya: “.com”, “.net”, “.org”, dll. Level kedua setelah TLDs adalah Second Level Domains (SLDs), misalnya: google merupakan SLD dari google.com.
Domain name hanya mengacu pada sistem penamaan alamat internet protokol,  sedangkan  URL  (Uniform  Resource  Locator)  adalah  sarana  untuk menentukan alamat yang akan kita pakai untuk mengakses internet. Misalnya alamat URL untuk example.com adalah http://www.example.com/
Server Side & Client Side Scripting
Dalam dunia web, terdapat dua kategori bahasa yang digunakan untuk membangunnya, Client Side Scripting Languange dan Server Side Scripting Language. Perbedaan dari keduanya, terletak dari bagaimana bahasa tersebut diterjemahkan menjadi HTML
•    Client Side Scripting Language
Client Side melakukan proses kompilasinya pada sisi Client, tepatnya oleh browser yang dipakai oleh pengunjung. Itulah sebabnya tiap browser berbeda  dalam menterjemahkan bahasa Client Side. Contoh bahasa Client Side antara lain adalah Javascript dan VBScript.
•    Server Side Scripting Language
Seperti namanya, Server Side melakukan kompilasi pada sisi server. Setelah melalui  proses  kompilasi,  bahasa  tersebut  kemudian  dikirim  kembali kepada client berupa bahasa HTML. Itulah sebabnya, kode bahasa Server Side tidak akan terlihat pada browser anda. Contoh bahasa Server Side antara lain adalah PHP, ASP, JSP, Cold Fusion.
Web Server
Bahasa  Server  Side  memerlukan  sebuah  server  sebagai  tempat  untuk melakukan proses kompilasi, dan server tersebut biasa dinamakan Web Server. Ada banyak pilihan menggunakan Web Server, tapi saat ini yang paling banyak digunakan adalah Apache. Microsoft sendiri mempunyai dua buah Web Server, yaitu Personal Web Server(PWS) dan Internet Information Service(IIS).
Perbedaan diantara keduanya salah satunya terletak pada jenis Sistem Operasi yang digunakan. Untuk PWS, hanya akan berjalan pada Win9x, dan WinME, sedangkan untuk IIS, hanya berjalan untuk sistem operasi yang berbasis NT, yaitu Win2000 dan WinXP.
Protokol Web
Protokol Web merupakan  beberapa  aturan  untuk  melakukan  suatu pekerjaan tertentu. Satu tugas komputer, seperti mengirim email, dapat meliputi banyak protokol. Misalnya satu grup protokol menjelaskan cara mengirim email dari komputer satu ke lainnya. Sementara grup protokol lain menjelaskan bagaimana data harus dijabarkan ketika pesan sampai di tujuan.
Ketika sebuah situs web dikunjungi, koneksi yang digunakan untuk menampilkan  informasi  di  browser  adalah  HTTP  (HyperText  Transfer Protocol). Proses penampilan informasi ini melibatkan pengambilan berbagai unsur halaman situs web, seperti gambar dan teks. FTP (File Transfer Protocol) merupakan suatu metode dalam internet untuk mengakses file secara langsung ke dalam server. Mengcopy atau memindahkan file/data dari komputer ke server.
Pengertian HTTP atau definisi HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.
HTTP berkomunikasi melalui TCP / IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat sambungan, klien dapat mengirim pesan permintaan HTTP ke server. HTTP digunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server, dikembali kan ke konten web (halaman web) dari server ke klien.
HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain di atas Internet atau di atas jaringan lainnya.
Pengertian HTML
HTML (HyperText Mark up Language) merupakan suatu metoda untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. HTML sendiri bukan tergolong pada suatu bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu naskah teks dan bukan sebagai program.

Berdasarkan kata-kata penyusunnya HTML dapat diartikan lebih dalam lagi menjadi :

Hypertext
Link hypertext adalah kata atau frase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainnya. Jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau dokumen yang kita tuju.

Markup
Pada pengertiannya di sini markup menunjukkan bahwa pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada World Wide Web.

Language
Meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen

Sumber:
http://chandra.utama.us/konsep-dasar-web-1327
http://ewawan.com/pengertian-http.html
http://wwwmyori.blogspot.com/