Materi 9. Manusia dan Tanggung Jawab

A. Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab menurut saya ialah suatu tindakan yang dialandaskan dari diri sendiri untuk menanggung suatu tindakan yang diperbuat.

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggug jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

2. Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-istri, ayah-ibu dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya.

3. Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara.

4. Tanggung jawab terhadap Tuhan
kebanyakan manusia mempunyai kepercayaan akan tuhan dan seseorang yang beriman pastinya tahu akan tanggung jawabnya terhadap tuhan yaitu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.

B. PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
pengabdian itu suatu tindakan yang baik dalam arti menguntungkan yang dikerjakan seseorang untuk orang lain yang dirasa berjasa besar dalam hidupnya seperti orang tua atau raja.sedangkan pengorbanan itu suatu tindakan yang dilakuakan ngengan hati ikhlas. dan biasanya suatu pengorbanan itu akan berakibat negatif atau ada suatu hal yang harus berikan entah dalam bentuk nilai atau jasa, pengorbanan bisa untuk diri sendiri atau pun untuk orang lain.
referensi dari:

elearning.gunadarma.ac.id/…/bab9-manusia_dan_tanggung_jawab.pdf

http://18110432.blogspot.com/